Kamis, 18 Juni 2015

Behind the Name of Bangtan Boys

Bangtan Sonyeondan

Nama “Bangtan Boys” berasal dari kata “Bangtan Sonyeondan” yang jika diterjemahkan berarti “Bulletproof Boys Scouts” (disingkat BTS). Nama yang unik dan ear catching ini punya makna yang “dalam” lho. Selain bermakna, nama ini juga mengemban ambisi mereka untuk “block out the world’s bullets”. Wooow, itu artinya Jungkook dkk siap menangkis/memblokade semua “peluru” yang ditembakkan dunia pada mereka.
Bulletproof yang berarti tahan peluru menunjukan karakter Bangtan Boys sebagai grup yang kuat dalam menghadapi terpaan yang menghadang. Mereka siap untuk memblok “peluru” yang dilontarkan dunia. “Peluru” disini dapat diartikan cobaan, halangan, rintangan, maupun kritikan. Bulletproof juga mewakili ketahanan Bangtan Boys. Ketahanan mereka dalam menjalani masa training, melakoni debut, dan kini menapaki karir di industri hiburan.
Menyandang nama Bulletproof Boys Scouts berarti Bangtan Boys akan menunjukkan ketangguhan mereka sebagai grup hip hop yang bertekad menaklukkan dunia dengan musik mereka. Salut!!!. Tapi, sebelum memakai nama yang keren banget ini, BTS juga sempat bingung memilih nama. Mereka sempat mempertimbangkan beberapa nama seperti Big Kids dan Young Nation. Namun, pada akhirnya nama Bangtan Boys-lah yang dipilih.
Meski punya nama yang cathcy dan bermakna, ternyata personel BTS enggak langsung suka lho sama nama mereka. Menurut Jimin cs nama ini mengandung unsur cinta dan benci. Gara-gara nama itu mereka sering digoda teman dan kenalan. Banyak yang bertanya, “Apakah kalian benar-benar akan debut dengan nama itu?” . Bahkan keluarga mereka pun ikut-ikutan mengejeknya. Ckckck, belum apa-apa BTS sudah menghadapi cobaan soal nama ya? LOL
BTS boleh saja mulanya merasa aneh dengan nama yang mereka sandang, tapi lama-lama mereka pun mulai terbiasa dan menyukainya. Bahkan, belakangan mereka mengakui kalau nama Bangtan Boys terdengar menarik. BTS juga menambahkan bahwa nama yang mereka pakai itu punya arti kelompok yang sanggup melindungi diri mereka dari “peluru” kehidupan. Kini, mereka pun makin mantap memakai nama tersebut.
Sebelum resmi debut pun perusahaan mereka selalu memanggil mereka “Bangtan Boys” . Soal nama tersebut, V mengakui kalau awalnya ia berpikir itu hanya nama sementara. Tapi, begitu sering mendengar mereka disebut dengan nama tersebut V pun merasa nama itu memang paling cocok buat mereka. Suga dan Rap Mon juga sepakat bahwa nama Bangtan Boys merupakan nama yang paling baik untuk mereka. Suga berpendapat, Bangtan yang berarti bulletproof mengindikasikan bahwa kelompok mereka bisa membelokkan dan mengatasi semua hal yang merintangi jalan mereka.
Enggak mau ketinggalan sama nama gup mereka yang keren, personel Bangtan Boys juga punya nama panggung yang oke punya. Rap Monster yang bernama asli Kim Namjoon memilih nama panggungnya berdasarkan lagu yang dia buat tahun 2011. Di bagian akhir lagu tersebut ia meneriakkan kata-kata “Rap Monster”. Gara-gara itu staf perusahaan mulai memangglnya rap Monster dan itu pun keterusan jadi nama panggungnya. Hohoho...
Lain lagi sama Suga alias Min Yoongi yang memilih nama Suga karena ingin mempromosikan diri secara manis. Wkwkwk.. ada-ada saja sih Yoongi Oppa. Ditambah lagi nama tersebut cocok buat penampilan fisik Suga yang berwajah manis, berkulit putih pucat, dan terlihat cantik saat tersenyum (ini menurut Suga sendiri lho. LOL). Nah, kalau Jung Hoseok aka J-Hope punya alasan yang beda lagi. J-hope berasal dari “J” untuk nama keluarga Jung dan hope (harapan).
J-Hope mengandaikan “Hope” disini seperti harapan yang tersisa ketika seseorang membuka Kotak Pandora. Nama ini memendam keinginannya untuk menjadi sosok yang paling penuh harapan di kelompoknya. Enggak heran kan kalau Hopie ini selalu jadi sosok yang ceria dan penuh senyum di kelompoknya.
Lalu, bagaimana dengan V? Well, Kim Taehyung alias V juga punya cerita soal namanya. Mulanya, V diberi tiga pilihan nama yakni Six, Lex, dan V. Tapi teman-teman satu kelompoknya dan produser mereka mengatakan bahwa V-lah yang paling cocok untuknya. Maka Taehyung pun memilih V yang merupakan kependekan dari Victory (kemenangan). Simple yet meaningful.
Kalau Rap Mon, Suga, J-Hope, dan V memilih memakai nama panggung, maka Jin,Jimin, dan Jungkook tetap setia pada nama lahir mereka. Memang sih, mulanya mereka juga diminta untuk memakai namaa panggung tapi pada akhirnya mereka tetap menyandang nama asli. Si maknae Jungkook nih mulanya juga disarankan untuk memakai nama “Seagull” gara-gara asalnya dari Busan. Tapi, banyak orang yang berpendapat kalau nama asli Jungkook lebih cocok buat ia pakai jadilah ia tetap memakai “Jungkook”.
Jimin juga sempat mempertimbangkan untuk memakai nama panggung. Beberapa orang mengusulkan nama “Baby J” dan “Kid” untuknya tapi ia memutuskan menggunakan nama alinya saja. Sementara Jin yang bernama lengkap Kim Seokjin cukup menggunakan karakter terakhir namanya “Jin”. Paling simple dan effortless ya. Kekeke.. :D

Sekian dulu ya chingu, hope it is useful J

Tidak ada komentar :

Posting Komentar